...Selamat Hari Raya Idul Fitri 1433 H.... Mohon maaf lahir dan batin...

Rabu, 14 Januari 2015

Agribisnis Jeruk Keprok di Nunukan Kalimantan Utara

Potensi Agribisnis Jeruk Di Daerah Perbatasan




Kabupaten Nunukan sebagai kabupaten paling utara dari Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), yang baru merayakan ulang tahun pertama sebagai Provinsi termuda di Indonesia, telah melakukan penerapan inovasi baru penanaman komoditas jeruk yang sebelumnya belum pernah ditanam di Kabupaten tersebut. Keberanian petani dalam menanam komoditas jeruk diantara tanaman perkebunan yang selama ini telah ditanam, tidak bisa lepas dari terobosan yang telah dilakukan oleh Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Peternakan Kabupaten Nunukan yang telah memberi motivasi dan menyediakan infra struktur yang diperlukan oleh petani.

Saat ini, di Kabupaten Nunukan telah tertanam komoditas jeruk seluas 331 ha  varietas Keprok Borneo Prima dan Keprok Tejakula yang ditanam tiga tahun yang lalu sebagai inovasi baru Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) dan didukung oleh program pengembangan Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian. Pemilihan varietas Keprok Borneo Prima dan Keprok Tejakula, yang telah dipublikasikan sesuai untuk agroklimat dataran rendah (0-400 m dpl), sangat sesuai dengan  wilayah di Pulau Nunukan dan Pulau Sebatik yang memiliki agroklimat wilayah pantai sampai ketinggian 100 m dpl dengan habitat spot-spot diantara komoditas yang telah ditanam sebelumnya yaitu pisang dan kelapa sawit.

Wilayah perbatasan yang berada di pulau Sebatik memiliki kemudahan dalam melakukan perdagangan antar negara yang sangat menguntungkan dengan kemudahan pelaksanaan transaksi secara lokal tanpa harus mengikuti persyaratan yang ditetapkan antara kedua negara seperti halnya yang diberlakukan perdagangan antara dua negara tetangga. Kesamaan etnis penduduk di wilayah perbatasan antara Indonesia dan Malaysia, apalagi berada dalam pulau yang sama, menyebabkan pemerintah kedua negara  memberi kelonggaran dalam proses transaksi jual beli antara penduduk di perbatasan kedua negara. Kemudahan transaksi jual beli yang diberikan memberikan kemudahan bagi petani Indonesia di pulau Sebatik dalam menjual hasil kebun seperti sayuran dan buah pisang ke pasar di Malaysia.

Buah jeruk keprok Borneo Prima hasil panen di pulau Sebatik
Buah jeruk keprok Borneo Prima hasil panen di pulau Sebatik

Perkembangan yang terjadi saat ini, penanaman komoditas jeruk makin diminati oleh petani, bahkan dianggap sebagai komoditas baru yang lebih menguntungkan dibanding komoditas yang telah ada sebelumnya, namun memang harus ada perhatian khusus terhadap pemeliharaan tanaman jeruk yang diketahui lebih padat teknologi dan modal, dibanding komoditas selain jeruk. Salah satu hasil yang menarik adalah pemilihan Keprok Borneo Prima dan Tejakula yang diketahui buahnya bisa berwarna oranye apabila ditanaman di Kabupaten Nunukan yang berada di sebelah utara garis katulistiwa.


Balitbangtan telah melaksanakan Program Pengembangan Kawasan Agribisnis Hortikultura dengan menerapkan pendampingan inovasi teknologi di wilayah pengembangan jeruk yang dilaksanakan di dua kecamatan yaitu Nunukan Selatan dan Sebatik Selatan. Metode diseminasi menggunakan pendekatan pemilihan kebun jeruk petani sebagai demoplot yang akan dipakai sebagai wahana pembelajaran bagi kelompok tani yang ada untuk dapat menerapkan teknologi Pengelolaan Terpadu Kebun Jeruk Sehat (PTKJS) secara benar dan konsisten. Kegiatan tersebut merupakan media diseminasi dalam rangka program bioindustri yang telah direncanakan oleh Balitbangtan. 
[Fjr/Sumber: Dr. Anang Triwiratno]


Pulau Nunukan (kiri) dan Pulau Sebatik (kanan) dimana pulau Sebatik terbagi menjadi dua negara yaitu Indonesia dan Malaysia. Sumber gambar: 3.bp.blogspot.com
Pulau Nunukan (kiri) dan Pulau Sebatik (kanan) dimana pulau Sebatik terbagi menjadi dua negara yaitu Indonesia dan Malaysia. Sumber gambar: 3.bp.blogspot.com


Sumber :  http://balitjestro.litbang.pertanian.go.id/id/743.html#sthash.mDbDDz28.dpuf


1 komentar:

  1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua,
    Sengaja ingin menulis sedikit kesaksian untuk berbagi,
    barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan
    Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa Tumbal karena
    usaha saya bangkrut dan saya menanggung
    hutang sebesar 750juta saya sters hamper bunuh diri tidak tau harus bagaimana
    agar bisa melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan kyai ronggo, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari saya
    berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI RONGGO KUSUMO kata
    Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan penarikan uang gaib
    3Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti dan hanya 1 hari
    Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 3M yang saya minta benar benar ada
    di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya buat modal usaha. sekarang
    rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada. Maka dari itu, setiap kali ada teman
    saya yang mengeluhkan nasibnya, saya sering menyarankan untuk menghubungi kyai
    ronggo kusumo di 082349356043 situsnya www.ronggo-kusumo.blogspot.com agar di
    berikan arahan. Toh tidak langsung datang ke jawa timur, saya sendiri dulu
    hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sama baik, jika ingin
    seperti saya coba hubungi kyai ronggo kusumo pasti akan di bantu

    BalasHapus