...Selamat Hari Raya Idul Fitri 1433 H.... Mohon maaf lahir dan batin...

Rabu, 14 Januari 2015

Agribisnis Jeruk Keprok di Nunukan Kalimantan Utara

Potensi Agribisnis Jeruk Di Daerah Perbatasan




Kabupaten Nunukan sebagai kabupaten paling utara dari Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), yang baru merayakan ulang tahun pertama sebagai Provinsi termuda di Indonesia, telah melakukan penerapan inovasi baru penanaman komoditas jeruk yang sebelumnya belum pernah ditanam di Kabupaten tersebut. Keberanian petani dalam menanam komoditas jeruk diantara tanaman perkebunan yang selama ini telah ditanam, tidak bisa lepas dari terobosan yang telah dilakukan oleh Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Peternakan Kabupaten Nunukan yang telah memberi motivasi dan menyediakan infra struktur yang diperlukan oleh petani.

Saat ini, di Kabupaten Nunukan telah tertanam komoditas jeruk seluas 331 ha  varietas Keprok Borneo Prima dan Keprok Tejakula yang ditanam tiga tahun yang lalu sebagai inovasi baru Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) dan didukung oleh program pengembangan Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian. Pemilihan varietas Keprok Borneo Prima dan Keprok Tejakula, yang telah dipublikasikan sesuai untuk agroklimat dataran rendah (0-400 m dpl), sangat sesuai dengan  wilayah di Pulau Nunukan dan Pulau Sebatik yang memiliki agroklimat wilayah pantai sampai ketinggian 100 m dpl dengan habitat spot-spot diantara komoditas yang telah ditanam sebelumnya yaitu pisang dan kelapa sawit.

Wilayah perbatasan yang berada di pulau Sebatik memiliki kemudahan dalam melakukan perdagangan antar negara yang sangat menguntungkan dengan kemudahan pelaksanaan transaksi secara lokal tanpa harus mengikuti persyaratan yang ditetapkan antara kedua negara seperti halnya yang diberlakukan perdagangan antara dua negara tetangga. Kesamaan etnis penduduk di wilayah perbatasan antara Indonesia dan Malaysia, apalagi berada dalam pulau yang sama, menyebabkan pemerintah kedua negara  memberi kelonggaran dalam proses transaksi jual beli antara penduduk di perbatasan kedua negara. Kemudahan transaksi jual beli yang diberikan memberikan kemudahan bagi petani Indonesia di pulau Sebatik dalam menjual hasil kebun seperti sayuran dan buah pisang ke pasar di Malaysia.

Buah jeruk keprok Borneo Prima hasil panen di pulau Sebatik
Buah jeruk keprok Borneo Prima hasil panen di pulau Sebatik

Perkembangan yang terjadi saat ini, penanaman komoditas jeruk makin diminati oleh petani, bahkan dianggap sebagai komoditas baru yang lebih menguntungkan dibanding komoditas yang telah ada sebelumnya, namun memang harus ada perhatian khusus terhadap pemeliharaan tanaman jeruk yang diketahui lebih padat teknologi dan modal, dibanding komoditas selain jeruk. Salah satu hasil yang menarik adalah pemilihan Keprok Borneo Prima dan Tejakula yang diketahui buahnya bisa berwarna oranye apabila ditanaman di Kabupaten Nunukan yang berada di sebelah utara garis katulistiwa.


Balitbangtan telah melaksanakan Program Pengembangan Kawasan Agribisnis Hortikultura dengan menerapkan pendampingan inovasi teknologi di wilayah pengembangan jeruk yang dilaksanakan di dua kecamatan yaitu Nunukan Selatan dan Sebatik Selatan. Metode diseminasi menggunakan pendekatan pemilihan kebun jeruk petani sebagai demoplot yang akan dipakai sebagai wahana pembelajaran bagi kelompok tani yang ada untuk dapat menerapkan teknologi Pengelolaan Terpadu Kebun Jeruk Sehat (PTKJS) secara benar dan konsisten. Kegiatan tersebut merupakan media diseminasi dalam rangka program bioindustri yang telah direncanakan oleh Balitbangtan. 
[Fjr/Sumber: Dr. Anang Triwiratno]


Pulau Nunukan (kiri) dan Pulau Sebatik (kanan) dimana pulau Sebatik terbagi menjadi dua negara yaitu Indonesia dan Malaysia. Sumber gambar: 3.bp.blogspot.com
Pulau Nunukan (kiri) dan Pulau Sebatik (kanan) dimana pulau Sebatik terbagi menjadi dua negara yaitu Indonesia dan Malaysia. Sumber gambar: 3.bp.blogspot.com


Sumber :  http://balitjestro.litbang.pertanian.go.id/id/743.html#sthash.mDbDDz28.dpuf


2 komentar:

  1. Syukur alhamdulillah saya ucapkan kepada ALLAH karna atas kehendaknya melalui MBAH RAWA GUMPALA saya sekaran sudah bisa buka toko sendiri dan bahkan saya berencana ingin membangun hotel dan itu semua berkat bantuan MBAH RAWA GUMPALA,saya tidak pernah menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini,atas bantuan MBAH RAWA GUMPALA yang telah memberikan nomor selama 3x putaran dan alhamdulillah itu semuanya tembus bahkan beliau juga membantu saya dengan dana ghaib dan itu juga benar benar terbukti,MBAH RAWA GUMPALA juga menawarkan minyak penarik kepada saya dan katanya minyak ini bisa digunakan untuk berbagai jenis keperluan dan baru kali ini saya temukan paranormal yang bisa dipercaya,,bagi teman teman yang ingin dibantu untuk dikasi nomor yang benar benar terbukti tembus atau dana ghaib dan kepengen ingin membeli minyak penarik silahkan hubungi MBAH RAWA GUMPALA di 085316106111 ini benar benar terbukti nyata karna saya sendiri yang sudah membuktikannya. BUKA BLOG MBAH RAWA GUMPALA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua,
      Sengaja ingin menulis sedikit kesaksian untuk berbagi,
      barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan
      Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa Tumbal karena
      usaha saya bangkrut dan saya menanggung
      hutang sebesar 750juta saya sters hamper bunuh diri tidak tau harus bagaimana
      agar bisa melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
      dengan kyai ronggo, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari saya
      berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI RONGGO KUSUMO kata
      Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan penarikan uang gaib
      3Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti dan hanya 1 hari
      Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 3M yang saya minta benar benar ada
      di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya buat modal usaha. sekarang
      rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada. Maka dari itu, setiap kali ada teman
      saya yang mengeluhkan nasibnya, saya sering menyarankan untuk menghubungi kyai
      ronggo kusumo di 082349356043 situsnya www.ronggo-kusumo.blogspot.com agar di
      berikan arahan. Toh tidak langsung datang ke jawa timur, saya sendiri dulu
      hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sama baik, jika ingin
      seperti saya coba hubungi kyai ronggo kusumo pasti akan di bantu

      Hapus