...Selamat Hari Raya Idul Fitri 1433 H.... Mohon maaf lahir dan batin...

Kamis, 31 Mei 2012

YLKI: Buah Impor Masuk ke Indonesia Harus Aman Untuk Dikonsumsi

YLKI: Buah Impor Masuk ke Indonesia Harus Aman Untuk Dikonsumsi




Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sumatera Utara berharap buah impor yang masuk dan beredar di Indonesia dapat dipastikan benar-benar aman untuk dikonsumsi dan tidak akan menimbulkan masalah dikemudian hari.

“Buah impor yang diperjualbelikan di negeri ini telah dianggap terjamin kualitas dan kesehatannya untuk dikonsumsi masyarakat Indonesia,” kata Ketua YLKI Sumut Abubakar Siddik di Medan, Rabu, saat diminta komentarnya mengenai beredarnya buah-buahan dari luar negeri tersebut.
Dengan terjaminnya mutu dan kesehatan buah impor yang berasal dari negara asing itu, menurut dia, warga Indonesia yang mengkonsumsi makanan tersebut dapat terhindar dari segala penyakit.

“Kita tidak ingin dengan banjirnya berbagai jenis buah impor dari luar negeri ke tanah air ini, dapat menimbulkan masalah dan gangguan kesehatan bagi masyarakat yang memakannyal. Ini harus dapat kita cegah dan antisifasi, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Abubakar.
Dia mengatakan, jangan karena gemarnya warga terhadap buah-buahan yang datang dari China itu, dapat pula menimbulkan masalah terhadap kesehatan pengkonsumsinya.

Untuk dapat menghindari terjadinya gangguan kesehatan terhadap manusia, pihak Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Cabang Medan segera turun tangan ke lapangan meneliti mengenai buah-buahan dari luar negeri tersebut.
Buah-buahan yang diperjual belikan di pusat pasar, toko buah, dan Plaza itu harus diteli secara jelas, mana tahu ada dicampur dengan bahan pengawet berupa kimiawi yang dapat merusak kesehatan manusia.

“Petugas BBPOM Cabang Medan harus segera turun tangan ke lapangan dan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan, Dinas Perdagangan dan Dinas Pertanian, karena institusi tersebut sangat berkompoten dengan buah yang masuk dari luar negeri itu,” ucap Abubakar.

Ia meminta BPPOM setempat agar jangan baru turun ke lapangan setelah adanya temuan mengenai buah-buahan yang bermasalah.
Kalau boleh, sebelum terjadi masalah, petugas BBPOM sudah mendeteksinya sehingga masyarakat tidak ada yang dirugikan.
Ketika ditanya jenis buah-buahan dari China yang masuk ke Indonesia, Abubakar mengatakan, buah jeruk, anggur, apel, pir, sankist, strowberry, dan buah-buah lainya,

Kehadiran buah-buah impor di Indonesia, menurut dia, jelas berdampak dan merugikan kepada petani buah, karena usaha mereka akan terganggu dan begitu juga pemasarannya.
Namun, katanya, pihak Pemerintah juga tidak bisa melarang atau mencegah masuknya buah impor tersebut, karena ini menyangkut kepentingan perdagangan internasional.

“Pemerintah Indonesia hanya bisa membatasi masuknya buah impor tersebut. Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pertanian merupakan institusi pemerintah yang bertanggung jawab mengenai masuknya buah impor tersebut,” kata Abubakar.

Sumber : http://www.citizenjurnalism.com/world-news/indonesia/ylki-buah-impor-masuk-ke-indonesia-harus-aman-untuk-dikonsumsi/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar